8 Alasan Support Team Harus Menjadi Kunci dalam Rencana Pemasaran Anda

Sebuah rencana pemasaran yang terpapar di atas kertas dapat terlihat dan terdengar bagus, tapi dibutuhkan orang yang dapat mengaktifkannya dan mencapai semua tujuan dan sasaran yang ada di dalamnya. Jika tidak, rencana pemasaran tersebut hanyalah sebuah dokumen atau file di komputer. Benar begitu, bukan?

Kita dapat menemukan bahwa ternyata pemasaran terbaik dari perusahaan berasal dari pelanggan. Pelanggan dapat membuat perubahan sebuah organisasi lebih cepat daripada aksi yang bisa dilakukan seorang PR (Public Relations) lakukan. Mereka adalah kekuatan pendorong di belakang pelanggan lain. Untuk hal ini, layanan pelanggan (customer services) yang luar biasa telah menjadi saluran pemasaran terdepan dan membantu membuat banyak lebih banyak penjualan.

Berikut adalah 8 cara yang telah ditemukan bahwa sangat penting untuk bisnis yang dapat Anda capai melalui tim support yang luar biasa.

  1. Support menciptakan saluran pesan dengan pelanggan

Karena banyak dari departemen lain dan jabatan bekerja secara langsung dengan pelanggan, ada kesempatan untuk memberikan masukan pada jenis pesan yang akan pelanggan tanggapi. Hal ini mungkin juga menjadi kesempatan untuk mendengar tentang apa yang pelanggan katakan langsung ke customer services atau technical support tentang produk mereka atau pengalaman layanan yang pemasaran perlu sertakan dalam strategi mereka.

Membiarkan mereka di media sosial dan saluran lain untuk berbagi pesan pemasaran adalah cara yang baik untuk meningkatkan ketersediaan layanan support. Area lain di mana pemasaran dapat didukung adalah melalui software, dimana staf support dapat memperkuat upaya pemasaran. Anda bisa mencoba dengan menggunakan software helpdesk ini.

 

  1. Support menghasilkan kecepatan kerja

Lebih banyak anggota tim dan departemen yang Anda libatkan, semakin cepat kerja dalam rencana pemasaran yang dapat dicapai asalkan ada delegasi yang jelas siapa yang bertanggung jawab untuk tugas apa, deadline, dan proyek yang terlibat.

Komunikasi adalah kunci di sini, termasuk menggunakan aplikasi seperti Slack untuk memastikan setiap orang atau departemen yang menangani bagian mereka dari rencana pemasaran.

 

  1. Support memberikan pengetahuan yang mendalam (insights)

Sementara departemen pemasaran mengembangkan sebuah rencana, pengetahuan yang disediakan oleh berbagai bagian organisasi, termasuk sales, IT, CS (customer services) dan bahkan manufaktur, yang benar-benar membuat perencanaan terlaksana.

Hal ini dikarenakan mereka semua berada dalam organisasi untuk memberikan kunci informasi yang dapat berguna untuk membentuk dan melaksanakan rencana pemasaran yang departemen pemasaran tidak miliki, begitu juga sebaliknya. Menggunakan alat kolaborasi dapat membantu memfasilitasi bagaimana pengetahuan yang mendalam tersebut dapat dibagikan.

 

  1. Support memberikan sumber daya tambahan

Sementara pemasaran memiliki beberapa sumber daya untuk menyebarkan rencana pemasaran, mereka juga dapat menambahkan sumber daya support yang diberikan oleh daerah lain dari perusahaan yang memiliki saham dalam memastikan bahwa rencana pemasaran berhasil.

Sumber daya ini dapat membantu meningkatkan masing-masing strategi dalam rencana pemasaran dan menyebarkan akuntabilitas keuangan di seluruh organisasi, memberikan saham yang lebih besar untuk semua orang untuk mendapatkan keuntungan dari laba atas investasi. Platform manajemen proyek dan perangkat lunak keuangan dapat menawarkan cara untuk menggambarkan bagaimana sumber daya tambahan akan dibagikan.

 

  1. Support memberikan perspektif dan ide yang baru

Terkadang membutuhkan orang di luar dari pemasaran untuk mencari ide yang benar-benar unik atau melihat suatu masalah secara berbeda dari perspektif di luar dari bagian pemasaran. Hal ini dapat memberikan solusi pada sebuah masalah pemasaran atau aspek pada rencana pemasaran dimana departemen sudah perjuangan selama ini.

Memiliki sistem pesan internal atau pertemuan rutin di sebuah organisasi dapat menjadi cara yang cepat untuk mendapatkan ide-ide menarik dari berbagai departemen organisasi.

 

  1. Support membagi atas pekerjaan

Banyak bantuan untuk departemen pemasaran yang membuat pekerjaan menjadi ringan dan menyediakan cara mengikutsertakan seluruh bagian organisasi dalam penyampaian strategi pemasaran. Berpartisipasi dalam tugas-tugas ini dapat menawarkan cara untuk menambahkan sesuatu yang menarik bagi pekerjaan dan tanggung jawab mereka sendiri, menambahkan motivasi dan inspirasi untuk menjadi produktif dan membantu di daerah lain organisasi. Sekali lagi, alat manajemen proyek merupakan cara yang efektif untuk menunjukkan bagaimana support dapat mengambil bagian mereka dari pekerjaan pemasaran.

 

  1. Support membangun konsensus

Support dapat berfungsi sebagai pemandu sorak untuk membawa organisasi bersama-sama dengan cara bersatu secara konsisten menyampaikan pesan pemasaran dan sependapat dengan strategi pemasaran untuk membantu mencapai keberhasilan perusahaan.

Komponen pembangunan konsensus tim support memberikan bagian “mengapa” dari pemenuhan rencana pemasaran dan dapat memperkuat pesan budaya organisasi dalam bekerja sama untuk sebab yang umum dan saling menguntungkan. Platform komunikasi adalah cara terbaik untuk mendapatkan tim pada bagian yang sama dengan memanfaatkan tim support untuk menginspirasi dan mempengaruhi kesatuan ini.

 

  1. Support menambah efisiensi

Fungsi support adalah kunci efisiensi rencana pemasaran. Ketika staf support memiliki pemahaman yang jelas tentang di mana mereka dapat membantu, mereka dapat menambah efisiensi proses melalui produktivitas dan fokus yang mungkin tidak terjadi tanpa partisipasi mereka. Efisiensi ini dapat memaksimalkan apa yang dicapai dengan anggaran pemasaran dan mendorong lebih pendapatan di semua strategi rencana pemasaran.

 

Komunikasi dan kepemimpinan pemasaran (marketing leadership) harus menjadi alat yang digunakan untuk meningkatkan manfaat support yang menjadi bagian penting dari rencana pemasaran Anda.

Dalam banyak hal, support dapat membuat perbedaan antara rencana pemasaran di atas kertas dan rencana pemasaran dalam tindakan. Kemampuan untuk memotivasi, menginspirasi, berinovasi dan menghasilkan gambaran mengapa support harus menjadi komponen kunci dari rencana pemasaran Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>