Apakah Anda Sudah Ucapkan Terima Kasih Ke Pelanggan Setiamu ?

Salah satu aspek yang paling masuk akal dari seorang customer service adalah memberikan perhatian kepada pelanggan. Ucapan terima kasih merupakan apresiasi yang paling mudah dan dapat Anda berikan kepada pelanggan setia Anda.

Pernah ada seorang supir taxi yang pernah saya pakai suatu hari, bukan hanya dia mengantarkan saya hingga ke tempat tujuan tapi kemudian tiga hari kemudian supir yang sama mengirimkan email ucapan terima kasih ke saya.

Sejak saya dianggap sudah cukup dewasa oleh ibu saya, saya diajarkan untuk menuliskan ucapan terimakasih dalam secarik kertas untuk diberikan kepada orang yang membantu saya atau menolong saya. Ucapan terimakasih tidak serta merta harus ditulis tangan walau hal tersebut masih merupakan apresiasi tinggi atas seseorang tapi ucapan terimakasih bisa juga melalui email atau bahkan SMS tergantung bagaimana orang tersebut memilih untuk menerima ucapan terima kasih dari kita.

Beberapa orang atau perusahaan bahkan membawa ungkapan terimakasih ke level yang berbeda. Sebut saja perusahaan Chubbies, mereka membuat program loyalty yang luar biasa dan efektif untuk menunjukan kepada pelanggannya bagaimana bisnis mereka sungguh – sungguh menghargai pelanggan.

Chubbies memulai dari pelanggan awal mereka, dimana pelanggan awal ini merupakan teman terdekat dan keluarga dari pendiri Chubbies yang setiap pembelian mereka memberikan note ucapan terimakasih semudah itu tapi memberikan kesan yang baik kepada pembeli yang kemudian menjadi pelanggan setia Chubbies. Hingga sekarang ucapan terima kasih masih tetap diberikan ditambah bonus lainnya sebut saja untuk pembeli pertama mendapatkan tiga pak kartu retro, pembelian kedua mendapat dua tatakan dari kulit asli, pembelian ketiga mendapat chubbies tank top dan seterusnya dimana pelanggan loyal yang melakukan pembelian ke 50 kalinya mendapatkan pemanggang daging dan jaket ski vintage dengan neonnya. Sekarang ini pelanggan chubbies sudah mendekati 2,2 juta pelanggan.

Bisa dibayangkan dengan pelanggan sebesar itu bagaimana hadiah atau bonus dari Chubbies dapat menjadi pekerjaan yang luar biasa melelahkan. Tapi secara konsisten dan pasti membentuk jaringan pelanggan setia yang berkesinambungan dalam membagun dua sisi baik perusahaan dan pelanggannya itu sendiri.

Chubbies pada akhirnya bekerjasama dengan Stitch Lab untuk membantu dalam mengurus hadiah atau bonus yang diberikan Chubbies kepada pelanggannya. Bagi Stitch Lab sendiri, kerjasama yang berlangsung membangun kedua perusahaan ke level yang lebih tinggi lagi. Hingga tulisan ini dibuat sudah ada lebih dari 125 tipe hadiah atau bonus yang diciptakan oleh Chubbies dan Stitch Lab untuk pelanggan setia Chubbies. Secara moral kepada pekerja Stitch Lab membuat mereka lebih semangat dan kreatif menciptakan barang – barang baru dan unik sebagai hadiah dan bonus pelanggan.

Chubbies sekarang mencatat sebesar 70% peningkatan untuk pemesanan kembali atas penjualan mereka dan 98% tingkat kepuasan pelanggan. Bisa disimpulkan bahwa apresiasi yang baik bekerja dua arah baik untuk perusahaan dan pelanggan. Jadi bisakah saya mendapatkan terima kasih saya?

Ditulis oleh Shep Hyken seorang penulis best seller New York Times diterjemahkan dan diedit oleh Januardi untuk LinovCRM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>